Featured Video

Sunday, February 6, 2011

“Qodlo”dan “Qodar”? kaya yg Rumit, Padahal simple…

Assalamu’alaikum. Kawanku,kalian pasti sering mendengar kata “qodlo dan qodar”.kebanyakan dari kaum muslimin sekarang ini ada yg salah memahami,bingung,Bahkan,tak mau tahu apa itu Qodlo dan Qodar.maka dari itu dalam tulisan ini,saya akan membahas tentang definisi dan makna qodlo dan qodar itu sendiri.yg akan di bahas secara simpel ‘n kagak pake ribet.Mulai dari definisi,Maknanya seperti apa,dan penggunaanya pun kayak gimana,pokoknya baca deh ampe selesai……

1. definisi

apa sih definisi Qodho dan Qodar? Sebenarnya definisi dari keduanya sama,” Qodho:ketetapan sedangkan Qodar:ketentuan yg berkaitan dengan Khasiat”. Sebenarnya,ketika zaman para sahabat dulu,ummat islam tidak memikirkan tentang hal ini,karna pada saat itu mereka melakukan suatu perbuatan di dasari oleh Hukum Syara. Tetapi sejak dunia barat mulai berkembang,dan kaum muslimin saat itu jadi terpengaruh oleh filsafat dan kaum muslimin mulai banyak melakukan kesalah fahaman tentang makna Qodlo dan Qodar.



2. Makna

Sebenernya Qodlo dan Qodar itu mudah lho, cumankebanyakan orang Bingung antara mana”Area yg Menguasai manusia” dan mana ”area yg dikuasai manusia”. Sebenarnya manusia itu sendiri mempunyai ke2area itu tersebut.

Area Pertama,saya membahas “area yg menguasai manusia”. Area ini berada dibawah kekuasaan alloh SWT. dalam hal ini terjadi perbuatan/ kejadian yg tidak ada campurtangan manusia sedikitpun, baik dari dirinya sendiri atau yg menimpa dirinya.disini Manusia hanya diminta beriman dan menerima dengan pasrah.

Kejadian-kejadian Dalam area ini dibagi dua:

Nizhomul wujud(sunatulloh)

Disini manusia terpaksa diatur dan tidak bebas memilih. Contoh,manusia datang dan meninggalkan dunia ini tanpa kemauannya,airlaut rasanya asin,air mengalir dari daerah yg tinggi ke tempat yg rendah. Manusia harus berjalan sesuai dengan ketentuannya sebab manusia berjalan bersama alam semesta dan kehidupan.sesuai dengan mekanisme tertentu yg tidak bisa dilanggarnya.

tak ditentukan nizhomul wujud

walaupun tak ditentukan nizhomul wujud, namun tetap berada di luar kekuasaan manusia,yaitu kejadian atau perbuatan yg berasal dari manusia atau yg menimpanya,dan manusia sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk menolak. Misalnya orang yg menembak burung tapi secara tidak sengaja tembakannya meleset hingga mengenai orang lain hingga tewas.Semua kejadian yg berasal dari manusia,maupun yg menimpanya,tetapi tetap terjadi tanpa kehendak manusia dan berada diluar kekuasaannya.

Area kedua, ini yaitu Area yg dikuasai manusia. Nah disini manusia bisa memilih sesuatu yg ia lakukan. Semua kejadian/perbuatan yg muncul berada dalam lingkup pilihannya sendiri. Sebenarnya,di area kedua ini materinya hanya simpel ajah,yaitu manusia boleh memilih apa yg ia kerjakan. Bisa Sesuai dengan syari’at,atau melanggar Syari’at? Itu pilihan anda. Tetapi disini manusia akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yg ia lakukan di akherat nanti.



Qodar yaitu ketentuan khasiat. Khasiat juga dibagi 2 yaitu khasiat benda dan khasiat insan.biar saya jelaskan dengan singkat(semoga jelas).

Khasiat benda

disini semuanya terjadi dari benda menimpa benda. Contohnya pada pisau terdapat khasiat memotong.nah, ini bisa digunakan untuk memotong sayuran,buah-buahan.atau untuk yg bermanfaat, tapi pisau juga bisa dipakai untuk membunuh manusia,atau untuk suatu kejahatan. khasiat insan

khasiat insan ini tidak bisa dikehendaki manusia,dalam kata lain ini sudah menjadi ketentuan alloh. Khasiat insan ini ada 2. Yaitu Ghorizah(naluri) dan Hajatul udhowiyah(kebutuhan jasmani)

perbedaannya, klo ghorizah jka tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan kegelisahan saja. Tetapi hajatul udhowiyah bisa menghantarkan kepada kematian.

Nah, Intinya sih khasiat itu sudah ketentuan alloh,tapi penggunaan/penyalurannya dikuasai manusia.manusia bisa memilih menyalurkan khasiat itu dengan cara yg sesuai dengan Syari’at atau Tidak? Pilihanya Cuma 2 kok, Takwa atau Durhaka. Itu pilihan anda….

__Wallahu a’lam bi ash-shawab___

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites